2/28/2009

VITAMIN C

PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR VITAMIN C PADA BELIMBI

Dalam bentuk murni vitamin C merupakan kristal putih, tidak berwarna, tidak berbau dan mencair pada suhu 190-192 0C. Senyawa ini bersifat reduktor kuat dan mempunyai rasa asam. Vitamin C sangat mudah larut dalam air, sedikit larut dalam alcohol dan tidak larut dalam benzene, eter, kloroform, minyak dan sejenisnya. Walaupun vitamin C stabil dalam bentuk kristal tetapi mudah rusak dan terdegradasi jika berada dalam bentuk larutan, terutama jika terdapat udara, logam-logam seperti Cu dan fe serta cahaya. Sifat yang paling utama dari vitamin C adalah kemampuan mereduksinya yang kuat dan mudah teroksidasi yang dikatalis oleh beberapa logam terutama Cu dan fe.

Sintesis vitamin C secara teknik, yang dasarnya telah dikerjakan oleh Reichstein dan Grussner pada tahun 1934 dimulai dari D-glukosa yang dengan katalis tembaga kromit akan dihidrasi menjadi D-scorbit dan akhirnya dengan cara mikrobiologi acetobacter suboxydans, kultur bawah permukaan dioksidasi secara selektif menjadi L-sorbosa, dengan pengentalan berikutnya dengan aseton pelindung akan terbentuk diasetonid bentuk furanoid dengan gugus hidroksil bebas pada Cl, yang dengan oksidator seperti Kalium permanganate akan memberikan asam diaseton-2-okso-L-gluronat. Pada tahap reaksi terakhir dihidrolisis asam. Dalam hal ini akan terjadi pemecahan gugus pelindung dan pembentukan asam-2-okso-L-Gluronat, yang pada kondisi reaksi diberikan melalui enolisasi dan penutupan cincin lakton berubah menjadi asam askorbat.

Vitamin C berfungsi sebagai kofaktor dalam sejumlah reaksi hidroksilasi dan amidasi dengan memindahkaan electron koenzim yang ion metalnya harus berada dalam keadaan tereduksi, dan dalam kondisi tertentu bersifat sebagai antioksidan. Asam askorbat berfungsi meningkatkan aktifitas enzim amidase yang berperan dalam pembentukan hormone oksitosin, hormone antidiuretik. Dengan mereduksi ion feri menjadi fero dalam lambung, vitamin C meningkatkan absorbsi besi, selain itu juga berperan dalam pembentukan steroid adrenal.PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR VITAMIN C PADA BELIMBI

Analisis vitamin C dilakukan dengan volumetric melalui reaksi dengan pereaksi Tillmann (2,6-diklorofenol-indofenol natrium). Asam askorbat mereduksi larutan zat warna indofenol dalam air yang berwarna biru menjadi bentuk leuko dan akan berubah menjadi asam dehidro askorbat. Pada titrasi dengan pereaksi Tillmann, titik akhir dinyatakan dengan timbulnya warna biru dalam larutan basa dan merah dalam larutan asam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar