2/28/2009

KONTRASEPSI ALAMI

KONTRASEPSI ALAMI

Makin meningkatnya industri obat, khususnya obat kontrasepsi dalam dasawarsa terakhir ini telah memacu usaha pemanfaatan berbagai spesies tanaman. Sampai saat ini, obat kontrasepsi oral yang efektif dan paling banyak digunakan adalah dari golongan steroida.

Banyak penelitian yang dilakukan oleh lembaga pemerintah, industri, dan perguruan tinggi untuk mencari sumber saponin steroid guna prazat (precursor) pembuatan pil KB, untuk prazat kortison dipilih yang memiliki gugus hidroksil pada posisi 3- dan 11- karena akan lebih mudah diubah menjadi kortison. Nampaknya yang digunakan sebagai sumber prazat kortison dan turunannya adalah (1) diosgenin dan botogenin dari marga Dioscorea, (2) hekogenin, manogenin, dan gitogenin dari marga Agave, (3) sitosterol dari minyak nabati, dan (4) sarsapogenin dan smilagenin dari jenis Smilax.

Anggota-anggota familia Liliaceae, Amaryllidaceae, dan Dioscoreaceae yang semua kelas merupakan Monocotyledonae, sedangkan pada kelas Dicotyledonae nampaknya hanya suku Apocynaceae yang menjanjikan, utamanya jenis Strophanthus. Akhir-akhir ini ditemukan sumber lain untuk steroid, yaitu pada rimpang dan biji Costus speciosus (pacing) suku Zingiberaceae mengandung diosgenin dan buah beberapa jenis Solanum (suku Solanaceae).

KONTRASEPSI ALAMI

Beberapa contoh tanaman yang merupakan sumber sapogenin steroid :

Sapogenin

Spesies

Asal tanaman


Diosgenin



Dioscorea sylvatica

D. mexicana,

D. Composita

D. floribunda,

D. deltoidea dan D. prateri

D. Tokoro

Costus speciosa

Trillium sp.

Trigonalla foenum-graecum

Transvaal dan Natal

Meksiko

Amerika Tengah

Guatemala, India

India

Jepang

India

Amerika Utara

India, Mesir, Maroko


Heksogenin


Agave sisalana

Amerika subtropis dan dikultivasi di Kenya


Sarsapogenin



Yucca sp.

Smilax sp.

Amerika Tengah


Sarmentogenin



Strophanthus sp.


Afrika


Solasodin


Solanum macrantum

Trigonella foenum-graceum


Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar